Dituduh Hina Indonesia, Sunny Dahye: Aku Meminta Maaf, Aku Tidak Sempurna

 


Jakarta - YouTuber Korea Sunny Dahye akhirnya angkat bicara seputar berbagai tuduhan terhadap dirinya, termasuk disebut menghina Indonesia. Berikut penjelasan Sunny.

Sunny Dahye mengunggah video di YouTube berjudul 'Yang perlu diketahui' untuk memberikan klarifikasi terkait berbagai unggahan akun Instagram @sunnyisaliar2. Akun tersebut mengunggah berbagai curhatan dari berbagai sumber yang mengkritik dan mengungkapkan sifat asli dari Sunny Dahye.

Dalam unggahan-unggahan di akun Instagram tersebut terlihat Sunny Dahye yang disebut hanya berpura-pura demi konten serta memiliki sifat yang berbeda antara di depan layar dan sehari-harinya. Seperti saat Sunny membuat konten puasa yang disebut hanya settingan.

Tak hanya itu saja, Sunny Dahye juga disebut hanya memanfaatkan netizen Indonesia demi likes dan views kontennya. Salah seorang sumber itu membeberkan bahwa Sunny bahkan pernah menyebut orang Indonesia itu 'bodoh' dan 'miskin'.

Klarifikasi dan Permintaan Maaf Sunny Dahye

Tampil dalam video YouTube di channel miliknya @SunnydahyeIn yang memiliki lebih dari 2,5 juta subsciber, Sunny terlihat duduk di sofa memakai atasan hitam dan jaket putih. Dia memulai video klarifikasinya dengan menyampaikan sebuah kabar duka.

"Sebenarnya dalam jangka waktu satu minggu, saat rumor aku itu viral, papa aku dalam minggu itu, meninggal dunia, jadi aku masih sangat shock, butuh mencerna kondisi yang sedang happening. Prioritas aku pada saat itu adalah keluarga," ujar Sunny Dahye.

YouTuber 27 tahun itu mengaku butuh waktu untuk mencerna situasi yang terjadi. Dia juga perlu waktu untuk bisa menerima kenyataan bahwa ayahnya meninggal dunia.

Setelah bisa mengatasi perasaannya terkait meninggalnya sang ayah, Sunny Dahye mengaku berusaha berpikir dengan kepala dingin terkait unggahan Instagram akun anonim yang menulis berbagai hal buruk tentang dirinya. Sunny mengaku shock dan terluka karena efek dari unggahan akun anonim @sunnyisaliar2, dia banyak menerima komentar netizen yang menyuruhnya untuk bunuh diri.

"Pada saat itu aku shock dan terluka dengan ratusan ribuan komen yang menyuruh aku mati ancaman mati dan kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan kepada seorang individual. Aku belum dalam keadaan mental stabil untuk mengupload video klarifiksi untuk kalian semua," ujar Sunny.

YouTuber yang pernah tinggal di Bali itu mengatakan mentalnya benar-benar hancur saat melihat unggahan akun Instagram anonim tersebut. Dan yang membuatnya lebih sakit hati adalah ketika akun Instagram itu mempertanyakan rasa cintanya pada Indonesia.

"Meskipun aku berdarah Korea dan warga negara Korea aku selalu mengidentifikasikan diri aku orang Indonesia, dengan dasar aku besar di Indonesia, dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali. Jadi aneh guys kalau aku merendahkan negara tempat aku menimba ilmu dari TK, SD, SMP sampai kuliah. Aku benar-benar cinta dengan Indonesia," tuturnya.

Sunny kemudian menyampaikan permintaan maafnya apabila ada perilaku atau ucapannya yang menyinggung orang Indonesia. "Aku ingin meminta maaf apabila aku pernah mengatakan sesuatu yang diambil di luar konteks yang pernah menyinggung pihak manapun," ujarnya

"Aku sendiri jujur juga kurang bangga. Tapi aku juga tidak sempurna teman-teman, sama seperti kalian, aku juga manusia pernah membuat kesalahan," tambah Sunny Dahye.

Dalam pernyataannya di YouTube tersebut, Sunny Dahye tidak menjelaskan secara detail apa tindakannya yang membuatnya kurang bangga dengan dirinya sendiri. Sebelumnya akun Instagram anonim menuduh Sunny membuat konten yang direkayasa terkait puasa dan pernah berkata-kata kurang pantas tentang YouTuber Korea, Han Yoo Ra.

sumber detik

Komentar