CFD di Sudirman-Thamrin Ditiadakan, Kini Disebar ke 32 Lokasi di Jakarta


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan sementara hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin, termasuk di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Namun CFD akan disebar ke 32 wilayah yang ada di kota-kota Jakarta.


"Jadi HBKB untuk Sudirman-Thamrin ditiadakan. Kemudian, akan disebar di lima wilayah, kami sudah identifikasi ada 32 lokasi. Ada 7 lokasi yang memang rutin digunakan sebagai HBKB wilayah, ditambah 25 ruas jalan yang juga akan dioptimalkan sebagai ruang publik bagi warga yang akan berolahraga," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2020).
Syafrin meminta masyarakat tidak lagi datang ke Sudirman-Thamrin, khususnya kawasan Bundaran HI. Mereka bisa mendatangi wilayah-wilayah lain yang sudah ditetapkan. 
"Untuk itu, kami mengimbau kepada warga, jangan lagi datang ke Sudirman-Thamrin sehingga membuat kerumunan, tetapi langsung mendatangi lokasi-lokasi yang sudah kami tetapkan di 5 wilayah tadi," kata Syafrin.
Kadishub DKI Jakarta Syafrin LiputoKadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Tangkapan Layar YouTube BNPB)
"Untuk 32 titik itu didistribusi 8 titik di Jakarta Pusat, 8 di Jakarta Barat, 6 titik di Jakarta Utara. Masing-masing 5 titik di Jakarta Timur, dan Selatan," ujarnya.
Syafrin mengakui banyak masyarakat datang ke CFD pertama setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Minggu (21/6). Meski sudah ada imbauan tidak berkerumun untuk menghindari penyebaran virus Corona (COVID-19), masyarakat seperti tidak menghiraukan aturan tersebut sehingga pendatang tetap menumpuk. Akhirnya ada evaluasi yang membuat CFD di Bundaran HI ditiadakan untuk sementara.
"Memang dari evaluasi kami total yang melakukan kegiatan di sana lebih-kurang 40.155 warga. Ada 21.342 pejalan kaki, ada 18.813 pesepeda. Artinya, angkanya cukup banyak, belum yang lainnya yang masuk di gedung-gedung sekitarnya itu tidak terhitung," ucap Syafrin.
Sumber : detik

Komentar